Selain Gedung di Jakarta, Inilah 5 Jenis Rumah yang Perlu Anda Ketahui


Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Fungsi rumah sangatlah beragam, mulai dari melindungi kita dari cuaca yang tidak menentu, gangguan dari luar, dan pengaruh alam sekitar rumah. Rumah juga memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga tercinta, kerabat, dan sahabat. Bentuk rumah sangatlah beragam, seperti gedung di Jakarta yang sekarang beralih fungsi juga menjadi tempat hunian mewah. 
 
goodminds.id

Jenis-jenis Rumah

Jenis-jenis rumah sangatlah beragam, mulai dari rumah tinggal tunggal, rumah tinggal kopel, rumah tapak, cluster, apartemen, rumah kota, rumah susun, dan lain sebagainya. Apakah Anda menyadarinya? Besar kemungkinan tidak, karena kebanyakan dari kita lebih memperhatikan desain rumah dibandingkan jenisnya. Untuk mengetahui jenis-jenis rumah lebih dalam lagi, yuk simak uraian di bawah ini.

  1. Rumah Tinggal Tunggal (Detached)
Rumah tinggal tunggal atau rumah terpisah merupakan tempat tinggal yang dibangun terpisah dari rumah lainnya. Bisa dikatakan juga jauh dari tetangga demi mendapat suasana yang lebih tenang. Rumah jenis ini hanya bisa dinikmati oleh satu keluarga tertentu saja karena jaraknya yang sangat jauh dari orang sekitar. Contoh dari rumah tinggal tunggal ialah villa, bungalow, mansion, dan cottage. 

  1. Rumah Tinggal Koppel (Semi Detached)
Rumah tinggal kopel adalah bagian dari rumah tinggal terpisah yang dibangun dengan sekat satu dinding dengan ukuran yang sama besar. Ruang yang disekat oleh dinding pemisah ini sama besar antara kiri dan kanan. Jika dilihat dengan kasat mata, rumah ini terlihat memiliki konsep yang sama padahal terdiri dari dua rumah. 

Rumah jenis ini sering kita jumpai pada bangunan peninggalan Belanda di Garut dan Bandung. Konsep rumah tinggal kopel ini ialah untuk menghemat lahan.

  1. Rumah Kota
Rumah kota atau yang dikenal dengan sebutan rumah gandeng merupakan apartemen horizontal yang bila dilihat dari luar maupun dari dalam sama persis bentuknya. Di dalam kompleks town house menara Astra ini biasanya disediakan fasilitas umum, seperti tempat olahraga, taman bermain anak, minimarket, dan tempat ibadah. Seluruh fasilitas ini dapat digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lainnya. Rumah kota ini terkenal akan kenyamanannya yang sangat tinggi.

  1. Rumah Susun (Flat)
Rumah susun merupakan sebuah gedung yang dibangun secara bertingkat yang berada di suatu daerah yang telah disesuaikan bagian fungsi-fungsinya. Rusun yang merupakan singkatan dari rumah susun dikategorikan sebagai apartemen sederhana. 

Jenis rumah susun ini diperuntukkan untuk memecahkan masalah kepadatan penduduk di suatu kota, seperti di Jakarta dan Bandung. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang semakin meningkat dan padat, namun luas lahan tanah semakin terbatas.

  1. Cluster
Di perumahan cluster dibangun sebuah rumah yang berkelompok dengan bentuk yang sama. Di dalam lingkungan perumahan cluster pasti Anda akan selalu menemukan beberapa rumah dengan type yang sama dan fasilitas umum yang dibangun khusus untuk para penghuni. Fasilitas umum yang dimaksud berupa tempat ibadah, taman bermain anak, dan tempat olahraga. Jenis rumah cluster hampir sama dengan rumah kota.


Nah, demikianlah jenis-jenis rumah yang perlu Anda ketahui. Mengetahui jenis rumah mungkin sangat bermanfaat bagi Anda yang kini tengah mencari hunian baru untuk keluarga. Dengan mengetahui jenis rumah, Anda bisa dengan mudah memilih salah satunya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika Anda tinggal di ibukota, mengetahui berbagai gedung di Jakarta untuk tempat hunian sangatlah penting.

Belum ada Komentar untuk "Selain Gedung di Jakarta, Inilah 5 Jenis Rumah yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel