5 Efek Negatif Apabila Memakai Catokan Rambut Terlalu Sering

5-Efek-Negatif-Apabila-Memakai-Catokan-Rambut-Terlalu-Sering

Apakah Anda memiliki karakteristik rambut yang sulit diatur? Atau Anda adalah wanita karir yang mengharuskan rambut Anda selalu terlihat rapi? Sudah pasti catokan rambut adalah barang yang wajib Anda miliki. Tuntutan pekerjaan sehari-hari atau hanya sekedar ingin membuat rambut tampak rapi tentunya tidak terlepas dari kegiatan mencatok rambut. 

Mencatok rambut dapat meminimalisir kesan rambut yang kurang rapi menjadi tampak lebih lurus dan rapi. Terutama bagi wanita yang memiliki rambut yang cenderung bergelombang dan tebal, dimana rambut tipe ini akan membuat rambut terlihat kurang rapi, terlebih jika rambutnya termasuk ke dalam tipe rambut kering dan kasar. 

Kegiatan mencatok rambut sudah pasti menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar wanita. Namun tahukah Anda bahwa penggunaan catokan rambut yang terlalu sering dapat merusak rambut Anda? Berikut simak ulasan dari dampak buruk mencatok rambut setiap hari.

1. Rambut Mudah Patah dan Rontok

Mencatok rambut setiap hari dapat menyebabkan rambut Anda mudah patah dan rontok, atau bahkan dapat mengalami kebotakan parah. Hal ini disebabkan karena panas yang diberikan alat catok rambut akan merusak tekstur asli rambut sampai ke akar, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Perubahan Jenis Rambut yang Permanen

Jika Anda mempunyai jenis rambut yang bergelombang, dengan seringnya Anda mencatok rambut, hal itu akan menyebabkan jenis rambut bergelombang Anda berubah. Bukan hanya itu saja, tekstur rambut pun akan berubah lebih kasar jika Anda terlalu sering mencatok rambut Anda.

3. Merusak Akar Rambut

Seringnya mencatok rambut akan merusak akar rambut Anda. Jika terjadi, hal ini cenderung sulit diobati. Karena proses penumbuhan rambut memerlukan waktu yang relatif lama. Rusaknya akar rambut juga akan mempengaruhi pertumbuhan rambut baru yang cenderung lambat.

4. Rambut Tidak Berkilau

Saat terlalu sering mencatok Anda akan kehilangan kilau rambut yang Anda miliki dan terlihat tidak sehat. Hal ini disebabkan karena mencatok rambut akan memberikan efek panas berlebih pada rambut sehingga rambut Anda akan ‘mati’ dan kehilangan kilaunya.

5. Menyebabkan Gatal di Kulit Kepala

Panas yang diakibatkan dari kegiatan mencatok rambut juga otomatis akan merusak kulit kepala Anda. Produksi minyak pada kulit kepala akan berkurang seiring dengan seringnya pemakaian catokan, hal ini akan menyebabkan permukaan kulit kepala kering, gatal, dan berketombe.

Mencatok rambut memang hal wajib bagi sebagian wanita. Namun Anda juga perlu memperhatikan bahaya apa saja yang akan terjadi jika Anda terlalu sering mencatok rambut. Jika Anda terlanjur mencatok rambut setiap hari sebaiknya mulailah untuk mengurangi penggunaannya sejak saat ini. Berikanlah jeda satu atau dua hari bagi rambut Anda untuk ‘beristirahat’ sejenak dari kegiatan mencatok rambut.

Anda tidak perlu khawatir jika rambut Anda akan terlihat kurang rapi karena tidak mencatok rambut. Sebenarnya ada beberapa alternatif yang lebih aman bagi Anda untuk membuat rambut terlihat lebih rapi. Salah satunya dengan menggunakan conditioner atau masker rambut sehabis keramas. Anda juga dapat menambahkan vitamin rambut untuk menutrisi rambut dari kerusakan.

Itulah beberapa dampak buruk dari penggunaan catokan rambut yang terlalu sering. Sebenarnya kegiatan mencatok rambut setiap hari sah-sah saja, namun hal ini juga harus dibarengi dengan perawatan rambut seperti creambath, memberikan vitamin rambut sebelum mencatok, hair spa, atau masker rambut. Hal ini untuk mencegah kerusakan rambut berlebih akibat kegiatan mencatok yang Anda lakukan setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "5 Efek Negatif Apabila Memakai Catokan Rambut Terlalu Sering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel