Tips Agar Anak Tidak Rewel dan Mabuk Perjalanan Saat Berkendara Jarak Jauh

situs parenting
Foto: Canva.com pro

Pada saat musim liburan sekolah tiba tentunya hal ini merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga yang memiliki anak kecil. Karena pada liburan inilah saat yang paling tepat untuk melakukan traveling bersama keluarga tercinta.

Berkendara dengan menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu cara yang tepat untuk traveling bersama keluarga. Karena hal ini bisa lebih praktis dibandingkan menggunakan sarana transfortasi umum yang tentunya akan lebih ribet, apalagi sambil membawa anak-anak dan barang-barang yang cukup banyak.

Walaupun demikian, anak sering merasa bosan dan rewel saat melakukan perjalanan jarak jauh. Tentunya hal ini akan membuat suasana perjalanan menjadi kurang menyenangkan, terutama bagi anak-anak.  Selain itu, anak juga sering mengalami mabuk perjalanan. Lalu bagaimana cara membuat anak agar tidak rewel dan mabuk perjalanan saat berkendara dalam jarak jauh?

Agar perjalanan liburan bersama keluarga menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua yang diulas memalui situs parenting.

1. Aplikasi Mobile Untuk Hiburan

Dengan menggunakan aplikasi ini akan menjadikan perjalanan liburan sekeluarga menjadi lebih menyenangkan. Yang mana, dengan aplikasi ini bisa membantu rencana perjalanan anda, menemukan pom bensin, hotel dan sekaligus menyediakan hiburan di mobil. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini anda juga bisa menemukan banyak lagu anak yang bisa dimainkan di mobil. Bahkan, ada beberapa aplikasi dan permainan mobile sebagai hiburan untuk anak selama di perjalanan.

2. Mainkan Games Klasik

Jauh sebelum ditemukannya handphone dan iPad, banyak keluarga yang memiliki cara untuk membuat anak terhibur dan tidak bosan saat melakukan perjalanan jauh. Salah satu caranya adalah dengan memainkan permainan klasik di dalam mobil seperti ‘I Spy’. I Spy ini merupakan permainan tebak-tebakan dimana pemain pertama berkata “Saya melihat sesuatu...” lalu memberi petunjuk tentang benda yang dilihat tersebut.

Permainan klasik lainnya yang bisa anda lakukan adalah bermain alfabet. Dimana, setiap pemain akan mencoba menemukan benda dengan huruf awal tertentu. Masih banyak lagi permainan lainnya yang bisa anda lakukan dengan dengan anak sehingga sang anak pun merasa senang dan tidak bosan selama di dalam perjalanan.

3. Pastikan Posisi Duduk Anak Sesuai

Untuk mencegah mabuk perjalanan di kendaraan ternyata bisa dipengaruhi oleh posisi duduk yang benar. Oleh karena itu, pastikan posisi duduk anak sudah benar. Caranya adalah, biarkan si kecil duduk di tengah kursi mobil bagian belakang. Dengan posisi ini akan membuat pandangan anak lurus ke depan. Lalu, minta si kecil untuk menyandarkan kepalanya ke kursi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepalanya bergerak ke depan atau ke belakang. Karena kepala yang terus bergerak bisa menimbulkan rasa pusing dan tidak nyaman dengan benturan-benturan.

4. Minum Obat Terlebih Dahulu

Untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak, mengkonsumsi obat antimual bisa menjadi solusinya. Dalam hal ini, anda bisa memilih antihistamin diphenhydramine (benadryl) atau dimenhydrinate (dramamine) yang aman untuk anak. Berikan obat ini satu jam sebelum berangkat dan baca petunjuk penggunaan obat.

5. Bawa Makanan Anak

Perlu diketahui bahwa makanan sangat mempengaruhi kesehatan anak selama di perjalanan. Karena melakukan perjalanan dengan perut kosong bisa membuat anak lebih mudah mual. Oleh karena itu, pastikan anak sudah makan terlabih dahulu dengan porsi cukup agar perutnya lebih nyaman. Selain itu, siapakan makanan yang mudah dicerna, tidak pedas, tidak mengandung banyak minyak serta tidak beraroma kuat untuk anak. Bukan hanya itu, siapkan permen karet, air putih yang banyak, dan permen jahe untuk mencegah rasa mual.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Anak Tidak Rewel dan Mabuk Perjalanan Saat Berkendara Jarak Jauh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel