Ragam Modus Penipuan Mengatasnamakan GoPay, Kenali dan Lindungi Saldo Gopay Kamu!


Di era yang serba canggih, modus-modus penipuan juga semakin beragam dan canggih. Anda wajib waspadai modus kejahatan digital atau biasa dikenal dengan social engineering dengan menggunakan teknik MAGIS (Manipulasi psikologis). Apalagi apabila Anda sering melakukan pembayaran secara online, terutama dengan GoPay. Sebagai platform pembayaran online, GoPay berkomitmen untuk selalu melindungi keamanan akun penggunanya. Apabila Anda menemui hal-hal yang mencurigakan atau transaksi yang tidak semestinya, segera laporkan kepada pihak GoPay melalui akun resmi atau halaman bantuan yang ada.

Ada beberapa skema penipuan yang sering terjadi. Yuk kenali apa aja sih modus-modus penipuan yang sering dipakai agar Anda bisa menghindarinya?

1. Penipuan Melalui Akun Media Sosial Palsu

Anda wajib waspada apabila ada orang yang menghubungi Anda mengatasnamakan pihak GoPay. Selalu ingat bahwa akun resmi GoPay selalu memiliki centang biru/verified.

Berikut adalah akun sosial media resmi GoPay:

● Instagram: @gopayindonesia

● Twitter: @gopayindonesia

Apabila Anda mendapatkan pesan dari akun-akun yang tidak resmi atau palsu seperti meminta data pribadi misalnya kode OTP atau keterangan detail e-KTP dan perbankan, segera laporkan kepada customer service. Anda bisa menghubunginya melalui e-mail [email protected]. Ingat GoPay tidak pernah meminta data pribadi Anda.

2. Penipuan Online Seller Palsu

Hal ini sering terjadi pada pengguna yang biasa melakukan pembelian barang atau belanja online. Untuk itu sebelum membeli apapun, seperti pakaian, top up game, turnamen e-sport, pembelian aplikasi, dll, hendaknya selalu waspada dan hati-hati. Ada banyak sekali penipu yang menyamar menjadi penjual dan seringkali bergonta-ganti username sosial media. Anda perlu memastikan kembali apabila pihak ketiga menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran tidak resmi. Selalu pastikan reputasi penjual untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penjual menghilang atau barang tidak pernah dikirim. Jangan pernah memberikan kode GoPay atau melakukan pembayaran ke nomor yang tidak dikenal.

3. Penipuan Meminta Kode OTP/PIN

Modus penipuan ini sering dialami oleh siapapun. Biasanya penipu menginformasikan kepada pengguna bahwa sudah memenangkan undian dan meminta verifikasi dengan kode OTP. Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka Anda wajib mewaspadainya. Pihak GoPay tidak pernah meminta PIN atau kode OTP pada pengguna dengan alasan apapun. PIN atau kode OTP merupakan rahasia Anda untuk melindungi akun dan transaksi, jangan bagikan kepada siapapun!

Dengan mengetahui beragam modus penipuan tersebut, diharapkan anda bisa lebih berhati-hati saat melakukan transaksi menggunakan GoPay. Selalu ingat untuk lebih teliti saat bertransaksi dengan GoPay dan cek reputasi seller, amankan data pribadi dengan tidak membagikan kode OTP serta gunakan PIN. Apabila ada hal yang mencurigakan dengan akun Anda, segera laporkan melalui email atau halaman resmi GoPay. Anda juga bisa memanfaatkan halaman bantuan untuk mengetahui informasi tentang keamanan akun Anda.

Nah, dengan adanya perlindungan keamanan dari GoPay kini Anda tidak perlu takut untuk melakukan transaksi menggunakan GoPay. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan akun Anda dengan memverifikasi akun dengan kode GoPay dan mengupgrade akun ke versi terbaru. Jika Anda menemui kendala atau punya pertanyaan lainnya bisa langsung menghubungi [email protected] atau langsung pergi ke Halaman Bantuan yang ada di aplikasi.

Sebarkan informasi ini kepada teman dan keluarga Anda agar terhindar dari penipuan pembayaran online!

Belum ada Komentar untuk "Ragam Modus Penipuan Mengatasnamakan GoPay, Kenali dan Lindungi Saldo Gopay Kamu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel