Tips Mengatasi Sakit Pinggang Karena Bekerja di Depan Komputer


Sebagai pekerja kantoran yang selalu bekerja di depan komputer setiap hari, Anda bisa saja rentan mengalami masalah nyeri leher dan sakit pinggang belakang. Namun, Anda tidak bisa melupakan tanggung jawab bekerja di depan layar berjam-jam. Supaya tubuh tetap sehat, ada baiknya Anda meminimalisir risiko terkena sakit pinggang belakang. Kenali alasan kenapa pinggang belakang sakit dan cara menekan risiko sebaik mungkin, ya!

5 cara mencegah sakit pinggang belakang

Ada banyak alasan kenapa pinggang belakang sakit yang disebabkan oleh faktor genetik, kebiasaan duduk yang salah, jarang olahraga, kurang asupan air putih, dan lain-lain. Sering bekerja di depan komputer tanpa bergerak dalam rentang waktu tertentu acap menjadi pemicu rasa sakit pada pinggang terasa mengganggu produktivitas harian. Sakit pinggang bisa hilang timbul hingga bersifat konstan yang bisa membahayakan kesehatan Anda, lho! Yuk, cegah sakit pinggang belakang akibat bekerja di depan komputer terlalu lama berikut!

1. Memilih kursi berlengan yang nyaman

Pastikan Anda memilih jenis kursi berlengan yang empuk untuk menopang tubuh saat bekerja di depan layar. Lengan empuk bisa membuat Anda beristirahat kapan saja dan atur sandaran kursi bisa menopang punggung belakang lebih nyaman. Jangan lupa untuk memilih meja yang punya ketinggian sesuai dengan kursi. Bila Anda beli kursi kantor, sebaiknya pilih jenis kursi yang memiliki ketinggian bisa diatur dengan baik.

2. Mengatur jarak pandang dengan layar

Cara mencegah sakit pinggang bagian belakang adalah mengatur jarak pandang dengan layar monitor. Pastikan komputer berada di meja yang berjarak minimal 50 sentimeter dengan posisi ketinggian siku dengan tombol keyboard mudah ditekan.

3. Memastikan postur tubuh selalu bagus

Kadang-kadang orang yang sudah bekerja di depan komputer terlalu lama akan merasa lelah sehingga membungkukkan tubuh beberapa derajat. Jika Anda tidak bisa mengatur posisi tubuh tetap bagus atau punggung lurus, maka risiko sakit pada pinggang belakang acap terjadi.

4. Pastikan kaki menapak lantai

Selain itu, Anda juga harus mengatur posisi kaki yang menapak lantai agar bisa menopang beban tubuh lebih maksimal. Risiko mengalami nyeri pinggang belakang bisa ditekan bila Anda bekerja dengan posisi yang benar.

5. Melakukan peregangan secara rutin

Guna mencegah dampak buruk bekerja di depan komputer pada pinggang bagian belakang, Anda harus rajin melakukan peregangan. Setiap bekerja di depan komputer maksimal satu jam, usahakan untuk berdiri atau melakukan peregangan singkat. Anda juga bisa membuat timer bekerja per dua puluh menit, melakukan peregangan sebentar mulai berdiri atau berjalang singkat saja.

Selain peregangan, istirahatkan mata dengan memandang ke sudut lain agar efek radiasi sinar biru tidak terlalu membahayakan penglihatan Anda. Bila ada waktu istirahat di kantor, Anda bisa memanfaatkan momen dengan melakukan olahraga sederhana. Apalagi orang-orang yang sangat sibuk bekerja di kantor, Anda bisa melakukan olahraga singkat seperti berjalan bolak-balik di ruangan, melakukan gerakan peregangan, berdiri jongkok beberapa kali, dan sebagainya.

Selain menerapkan beberapa tips mencegah terkena penyakit pinggang akibat salah posisi duduk di depan komputer terlalu lama, sebaiknya Anda rajin olahraga di rumah minimal seminggu 1-2 kali. Jangan lupa terapkan pola hidup sehat dengan perbanyak konsumsi buah dan sayuran, minum air putih, hindari soda dan kafein, berhenti merokok, dan kelola stress, maka Anda bisa memiliki tubuh dan pikiran yang tetap optimal.

Alasan kenapa pinggang belakang sakit tidak lagi menganggu sebab Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. Pilih minuman yang mengandung kalsium tinggi untuk memperbaiki kepadatan tulang dan memastikan tulang tetap sehat sampai usia tua kelak.

Sumber

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1836157/tips-hindari-nyeri-leher-dan-punggung-saat-di-depan-komputer

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Sakit Pinggang Karena Bekerja di Depan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel